Konsen ke Sustainable Development Fakultas Teknik mengadakan Seminar Nasional SENTRA 3

Jum'at, 10 November 2017 09:45 WIB

Fakultas Teknik UMM pada hari kamis tanggal 9 November 2017 mengadakan serangkaian kegiatan Seminar Nasional SENTRA yang bertempat di Dome UMM. Seminar nasional yang sudah tahun ke-3 dilaksanakan kali ini mengusung Tema: "Inovasi Teknologi dan Rekayasa Ramah Lingkungan untuk Pembangunan Berkelanjutan". Dalam rangkaian kegiatan seminar yang dilaksanakan sehari ini, dihadirkan guest speaker Prof. Ir. Dr. Mohd. Hanim Osman, yang merupakan seorang akademisi dan peniliti dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM), pada bidang struktur bangunan. Selain itu juga diundang Wakil Mentri ESDM, Ir. Arcandra Tahar, M.Sc., Ph.D sebagai keynote speaker. Akan tetapi karena beliau berhalangan hadir, maka digantikan oleh Direktur Perencanaan Pembangunan dan Infrastruktur EBTKE Kementrian ESDM, Noor Arifin Muhammad, ST, MSIE.

Dalam laporan ketua panitia seminar Iis Siti Aisyah, MT, Ph.D, dijelaskan bahwa konsep pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) merupakan isu yang sangat penting. Dimana dalam inovasi-inovasi yang dilakukan untuk pembangunan tidak hanya dilihat dari aspek ekonomi saja, akan tetapi juga dipertimbangkan aspek sosial dan lingkungan. Sedangkan pada sesi keynote speach yang disampaikan oleh Direktur Perencanaan Pembangunan dan Infrastruktur EBTKE dijelaskan bahwa salah satu domain yang mendukung pembangunan berkelanjutan adalah tentang penerapan energi baru terbarukan. Beliau memaparkan juga tentang rencana umum energi nasional, dimana target penyediaan energi primer untuk energi baru terbarukan sampai tahun 2025 adalah sebesar 23% dari total sumber energi yang digunakan saat ini (gas, batubara, minyak). Sedangkan untuk kebijakan energi nasional pemerintah mencanangkan efisiensi energi, sehingga target pada tahun 2025 tersebut terdapat penurunan intensitas energi sebesar 1% pertahun, elastisitas energi < 1, serta penurunan konsumsi energi sebesar 17% dari BAU. Sementara itu Prof. Hanim Osman pada sesi guest speach menjelaskan bahwa dalam bidang sipil, terdapat empat pilar utama bagi sustainable development, yaitu sustainable construction, sustainable building, sustainable design, dan sustainable materials.

Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si ini mengundang pemakalah dari berbagai disiplin ilmu diantaranya adalah Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Elektro dan Teknik Informatika, yang fokus melakukan riset untuk inovasi dan pengembangan teknologi yang sesuai dengan konsep sustainable development. Dari total makalah yang masuk sebanyak 126 buah, makalah untuk bidang Teknik Mesin sebanyak 19, untuk Teknik Sipil sebanyak 29, untuk Teknik Industri sebanyak 12, untuk Teknik Elektro sebanyak 14, dan Teknik Informatika sebanyak 51. Makalah-makalah hasil penelitian tersebut, dipresentasikan oleh para akademisi, praktisi dan peneliti dalam sesi paralel yang dilaksanakan di Dome UMM.(mf)

Shared: