Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Malang

PLTMH UMM Menjadi Rujukan Kuliah Energi Terbarukan UM

Author : Administrator | Senin, 01 April 2013 07:32 WIB
PLTMH UMM
Mahasiswa UM Sedang Melakukan Studi Lapangan di PLTMH UMM

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro atau bisa disingkat PLTMH, adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air. Universitas Muhammadiyah Malang sebagai salah satu Universitas yang memiliki PLTMH tersebut memiliki peluang besar untuk mengadakan perkuliahan mengenai Teknologi Energi Terbarukan khususnya PLTMH.

Pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 ini UMM menerima kunjungan studi dari Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang akan melakukan studi tentang Energi Terbarukan PLTMH. Hal tersebut rutin dilakukan tiap semester genap dan sudah berlangsung selama 5 tahun ini. Ada sekitar 6 kelas dari UM yang melakulan perkuliahan ini secara bergantian tiap hari sabtu. Mereka akan menerima materi tentang Energi Terbarukan yang mencakup air, gas, surya dan sebagainya, lalu dilanjutkan dengan studi lapangan dengan langsung melihat teknologi PLTMH dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya milik UMM.

Suwugnyo, salah satu dosen pengampu mata kuliah ini mengungkapkan bahwa PLTMH di UMM ini sudah cukup baik untuk dijadikan sebagai sarana studi mahasiswa UMM sendiri maupun luar UMM. Beliau berharap agar fasilitas seperti PLTMH tersebut bisa dimanfaatkan lebih optimal lagi untuk sarana studi di kalangan masyarakat dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi karena dengan melakukan sharing ilmu seperti ini, UMM bisa lebih terdengar “gaungnya” di masyarakat.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image