Selenggarakan Yudisium Periode IV Tahun 2022, Fakultas Teknik siap meraih kejayaan.

Senin, 12 Desember 2022 22:22 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Malang, (8/12) Sebagai tanda kelulusan Program Sarjana (S1), Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang, meluluskan 230 mahasiswanya dalam gelaran Yudisium FT UMM Periode IV tahun 2022. Acara yang digelar di Aula Teknik GKB III lantai 6 pada tanggal 7 Desember 2022 tersebut berlangsung dengan khidmat. Anggota Yudisium terdiri dari mahasiswa Teknik Mesin (33 orang), Teknik Sipil (57), Teknik Elektro (41), Teknik Industri (42), dan Informatika (57). 
Pelaksanaan Yudisium diawali dengan pemberian motivasi dari alumni Fakultas Teknik yang dilakukan oleh Amri Zuhal, ST. Amri merupakan alumni Prodi Teknik Industri yang memiliki segudang pengalaman dan karir cemerlang. Pada kesempatan tersebut, Amri memotivasi calon wisudawan agar terus berkreasi dan inovatif dalam menjalani hidup pasca perkuliahan, karena jalan yang akan dilalui para wisudawan akan berat di era disrupsi sekarang ini.
Acara selanjutnya adalah Sambutan Dekan Fakultas Teknik yang disampaikan oleh Prof. Ir. Ilyas Masudin, MLogSCM., Ph.D., IPM. Ilyas menyampaikan bahwa ilmu yang didapatkan semasa perkuliahan merupakan bekal yang sangat berharga untuk memasuki dunia kerja. "Teruslah bekerja keras calon wisudawan FT UMM, raihlah mimpi anda setinggi-tingginya. UMM Pasti merupakan sebuah slogan, bukan hanya sebagai harapan, tetapi juga untuk diwujudkan. Hari ini kami melepas kalian dengan penuh optimisme, bahwa kalian pasti bisa bersaing sebagai generasi unggul di Indonesia", tutur Ilyas.
Acara yudisium diwarnai pula dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Muhammad Zamroni, ST., M.Sc. Pada kesempatan tersebut, Zamroni menjelaskan prospek energi Surya melalui PV maupun PLTS yang sedang mengalami perkembangan pesat. Orasi ditutup dengan penandatanganan MoU antara FT UMM dengan PT. Xurya Daya Indonesia.


Yudisium Fakultas Teknik juga menelurkan banyak mahasiswa berbakat, baik di bidang akademik maupun non akademik. Pada bidang akademik, sejumlah mahasiswa berprestasi memiliki IPK (Index Prestasi Kumulatif) yang tinggi. Diantara yang terbaik adalah Nizar Muttaqin (Prodi Informatika) dengan torehan IPK Cumlaude 4,00. Nizar juga ditunjuk untuk menyampaikan pesan dan kesan selama mengenyam perkuliahan di Fakultas Teknik, sekaligus memberikan motivasi kepada rekan-rekannya untuk berjuang hingga memperoleh kesuksesan. Selain itu, ada pula prestasi non akademik dari beberapa mahasiswa di lingkup Fakultas Teknik seperti memperoleh medali pada kejuaraan Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin, Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional, Kontes Mobil Hemat Energi, Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI), Indonesia International Applied Science Project, Lomba Gagasan dan Poster oleh LLDIKTI VII Tingkat Provinsi, SEGi College Malaysia Internasional Exhibition, ASEAN Innovation Science and Entrepreneur Fair, hingga kejuaraan di bidang olahraga lainnya.

Shared: