Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Malang

Yudisium periode ke-4, Fakultas Teknik luluskan 212 Wisudawan

Author : Administrator | Selasa, 21 November 2017 14:38 WIB

Yudisium yang digelar oleh Fakultas Teknik UMM pada tanggal 21 November 2017 ini berlangsung cukup meriah. Dalam acara yang berlangsung di Aula Teknik UMM ini, dikukuhkan 212 mahasiswa sebagai calon wisudawan dari berbagai program di lingkungan teknik. Dari total wisudawan tersebut, 32 wisudawan dari Teknik Mesin, 45 wisudawan dari Teknik Sipil, 42 wisudawan dari Teknik Industri, 64 wisudawan dari Teknik Informatika, 23 wisudawan dari Teknik Elektro, dan 3 wisudawan dari D3 Elektro. Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 ini, juga dihadiri oleh pimpinan fakultas, program studi, serta jajaran dosen yang ada di lingkungan Fakultas Teknik UMM  

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Ahmad Mubin, MT, dijelaskan bahwa civitas akademik Fakultas Teknik patut berbangga dan bahagia, karena pada yudisium periode kali ini fakultas teknik dapat meluluskan mahasiswa yang cukup banyak. Beliau mengakatan bahwa jumlah wisudawan pada periode ini merupakan yang jumlah terbesar dalam tahun 2017. Selain itu, dalam sambutanya beliau juga memberikan motivasi kepada para calon wisudawan untuk mempersiapkan diri memasuki dunia yang sebenarnya. Beliau mengingankan juga agar para wisudawan tidak berhenti untuk mengukir prestasi walaupun sudah tidak di UMM lagi. Karena UMM adalah almameter, maka segala prestasi yang dilakukan oleh para alumni, akan membawa nama besar bagi kampus UMM tercinta.

Untuk membekali pengetahuan kepada para wisudawan, dalam acara yudisium ini juga disampaikan orasi ilmiah oleh Dr. Ir. Suwarsono, MT, dengan tema "Pengembangan proses Friction STIR Welding dalam Mendukung Green Manufacturing". Dalam orasinya beliau menjelaskan bahwa dalam dunia rekayasa (engineering), kebutuhan teknologi yang ramah lingkungan adalah isu yang menjadi trend bagi masyarakat dunia saat ini. Kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan dan kesehatan mendorong para peneliti untuk berkreasi menemukan industri yang ramah lingkungan dan membutuhkan energi yang efisien. Dosen yang juga aktif di Pusat Studi Lingkungan Kependudukan (PSLK) UMM, ini mencontohkan implementasi dari green manufacturing salah satunya adalah pada proses welding (pengelasan)

Di dalam rangkaian acara yudisium tersebut, juga diberikan penganugrahan wisudawan terbaik di tingkat jurusan dan fakultas. Pada tingkat fakultas, wisudawan terbaik pertama diberikan kepada Agung Dwi Rahmawan (Informatika) dan Devi Ari Lutfianto (Informatika), dengan IPK 3,89. Terbaik kedua diberikan kepada Nirindra Primavera (Informatika) dan Wahyu Wulandari (T. Industri) dengan IPK 3,84. Serta terbaik ketiga diraih oleh Muhammad Nasrul (Informatika) dengan IPK 3,83.

Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada para wisudawan berprestasi, yaitu para wisudawan yang pernah menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya adalah dari Prodi Teknik Sipil yaitu Ridho Suryawaldy dan Khairunnisa yang pernah menjuarai kontes KJI dan KGBI pada tahun 2015 dan 2016, serta Rofikatul Adawiyah yang pernah menjuarai KJI pada tahun 2015. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Salis Muchtar Fadhillah dari Prodi T. Elektro. Mahasiswa angkatan 2013 ini telah mengukir presetasi ditingkat internasional dengan menjuarai kompetisi Robotik pada Trinity College Internatonal Robotic Contest 2017 - Hatford, Connection USA. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa yang lain untuk terus mengukir prestasi mengharumkan nama Fakultas Teknik UMM. Viva Teknik !! (mf)

 

Foto Yudisium Bisa didownload (disini)

Shared: