Program Studi

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang terdiri dari 6 Program Studi, yaitu: Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin didirikan pada tahun 1978. HIngga saat ini Program Studi Teknik Mesin telah meluluskan lebih dari 4000 Sarjana Teknik, yang t...

Detail
about

Program Studi

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang terdiri dari 6 Program Studi, yaitu:

Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin didirikan pada tahun 1978. HIngga saat ini Program Studi Teknik Mesin telah meluluskan lebih dari 4000 Sarjana Teknik, yang telah berkarir di dunia profesional antara lain di bidang pertambangan dan energi, manufaktur, dan akademisi, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri. Program Studi ini dikelola oleh dosen yang bergelar Doktor dan Magister. Jumlah mahasiswa aktif sampai saat ini kurang lebih 600 mahasiswa.

Lulusan Sarjana Teknik Mesin bergelar ST (Sarjana Teknik) yang dibekali dengan ketrampilan dam keahlian dibidang Teknik Mesin antara lain, desain dan konstruksi mesin, konversi energi, produksi pemesinan dan pembentukan.

Fasilitas laboratorium yang dimiliki Program Studi Teknik Mesin diantaranya adalah: Lab. Fisika. Lab. Kimia, Lab. Gambar dan Elemen Mesin. lab CAD dan CAM. Lab. Fenomena dasar mesin. Lab. CNC, Lab. Pneumatik dan Hidrolik, Lab. Pengujian Logam dan Metalurgi, Lab. Pengujian Prestasi Mesin, Lab. Metrologi, Lab. Pengukuran dan Instrumentasi, serta Bengkel.

Dukungan kegiatan ekstrakulikuler diantaranya adalah otomotif, roket, robotik, rekayasa desain, kegiatan penalaran, kegiatan sosial kemasyarakat serta minat bakat 

Ketua Program Studi: Ir. Daryono, M.T.
e-mail: daryono@umm.ac.id


Teknik Sipil

Program Studi Teknik Sipil mulai berdiri pada tahun 1981 dan telah meluluskan lebih dari 2500 Sarjana Teknik. Alumni Teknik Sipil UMM banyak berkaris sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Swasta, pengusaha kontraktor dan konsultan, serta akademisi, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Program Studi ini dikelola oleh dosen bergelar Doktor maupun Magister lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Jumlah mahasiswa aktif saat ini kurang dari 500 mahasiswa yang menempati Gedung Kuliah Bersama II dan Laboratorium Teknik Sipil.

Lulusan Sarjana Teknik Sipil bergelar ST (Sarjana Teknik) yang dibekali dengan ketrampilan dan keahlian dibidang Teknik Sipil antara lain bangunan gedung, bangunan keairan (bendungan dan irigasi), bangunan transportasi (jalan, jembatan, dan pelabuhan), manajemen proyek, serta transportasi.

Fasilitas laboratorium yang dimiliki diantaranya adalah: Lab. Fisika, Lab. Gambar dan CAD, Lab. Komputer Aplikasi Rekayasa Sipil, Lab. Mekanika Tanah, Lab. Bahan dan Konstruksi, Lab. Jalan Raya, Lab. Geodesi, serta Lab. Mekanika Fluida dan Hidrolika.

Kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa diantaranya adalah kelompok studi jembatan, gedung dan bangunan air. Kelompok studi ini telah beberapa kali menjuarai event kompetisi tingkat Regional maupun Nasional

Ketua Program Studi: Ir. Rofikatul Karimah, M.T.
email: rofikatul@umm.ac.id


Teknik Elektro

Program Studi Elektro didirikan pada tahun 1990, dan hingga saat ini telah meluluskan lebih dari 1000 Sarjana Teknik. Lulusan dari Teknik Elektro UMM banyak berkarir dalam pemerintahan, swasta, industri, serta akademisi. Lulusan Teknik Elektro UMM bergelar ST (Sarjana Teknik) yang dilengkapi keahlian di bidang Elektro seperti: Sistem Tenaga, Sistem Kontrol Indistri, Sistem Telekomunikasi, dan Sistem Komputer.

Fasilitas laboratorium yang dimiliki oleh Teknik Elektro diantaranya adalah: Lab. Rangkaian Elektronika, Lab. Rangkaian Listrik, Lab. Rangkaian Logika, Lab. Sistem Pengaturan, Lab. Mikroprosesor, Lab. Elektronika Industri, Lab. PLC, Lab. Mesin dan Instalasi Listrik, PLTMH, VHDL, serta Workshop Robotika

Ketua Program Studi: Ir. Nur Alif Mardiyah, M.T.
email: nuralif@umm.ac.id 


Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri program Sarjana S1 mulai didirikan pada tahun 1995 dan telah meluluskan lebih dari 1250 Sarjana Teknik. Lulusan Teknik Industri UMM berkarir di pemerintahan, swasta, perbankan, industri, serta akademisi. Jurusan ini dikelola oleh dosen dan tenaga pengajar bergelar doktor dan master dari perguruan tinggi dalam maupun luar negeri. Jumlah mahasiswa aktif kurang lebih 400 mahasiswa yang menempati gedung perkuliahan di GKB II serta Laboratorium Teknik Industri.

Laboratorium yang dimiliki Program Studi Teknik Industri diantaranya adalah: Lab. Pemrograman dan Aplikasi Komputer, Lab. Sistem Manufaktur, Lab. Simulasi dan Optimasi Sistem Industri, Lab. Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi, Lab. Studio Organisasi dan Manajemen Industri, Lab. CIM (Computer Integrated Manufacturing), Lab. CAD, serta Lab. Proses Produksi.

Ketua Program Studi: Ilyas Masudin, S.T., M.Sc.Log, Ph.D.
email: ilyasmasudin@umm.ac.id


Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika merupakan program studi termuda di lingkungan Fakultas Teknik UMM yang didirikan pada tahun 2005. Sampai saat ini Program Studi Teknik Informatika telah meluluskan lebih dari 1000 Sarjana Komputer yang telah berkarir di pemerintahan, industri, swasta, berbagai startup, serta akademisi. Program Studi ini dikelola oleh dosen yang berlatar pendidikan master dan doktor dari dalam maupun luar negeri. Mahasiswa aktif saat ini berjumlah kurang lebih 1200 mahasiswa yang menempati gedung perkuliahan GKB I, GKB II dan GKB III.

Lulusan sarjana Teknik Informatika bergelar S.Kom (Sarjana Komputer) yang dibekali dengan keahlian dibidang informatika, dengan konsentrasi: Rekayasa Perangkat Lunak, Sains Data, Sistem dan Keamanan Jaringan, serta Game Cerdas.

Fasilitas Laboratorium yang dimiliki oleh Teknik Informatika diantaranya adalah: Lab. Sistem dan Keamanan Jaringan, Lab. Pemrograman, Lab. Rekayasa Perangkat Lunak, Lab. Game dan Multimedia.

Saat ini Program Studi Informatika mengadakan kerjasama dengan Oracle Academy untuk implementasi kurikulum Oracle di mata kuliah pemrograman objek dan database. Selain itu juga mengadakan kerjasama dengan Cisco Network Academy untuk implementasi di mata kuliah jaringan komputer. Serta mengadakan kerjasama dengan IHP (Indonesia Honeypot Project) untuk mengembangkan riset dibidang keamanan sistem dan jaringan.

Ketua Program Studi: Yuda Munarko, S.Kom, M.Sc.
email: yudamunarko@umm.ac.id


D3 Elektro

Program Diploma 3 Elektro didirikan pada tahun 1995, dan sampai saat ini telah meluluskan lebih dari 200 Ahli Madya dalam bidang Elektronikan dan Teknik Komputer Jaringan. Perkuliahan Program Diploma 3 diselenggarakan dalam kurun waktu 3 tahun dan dapat menyelesaikan gelar Ahli Madya dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun. Lulusan dari Program Diploma 3 Elektro ini telah banyak bekerja di dalam pemerintahan, swasta, serta industri. Selama perkuliahan mahasiswa dibekali dengan keahlian dibidang Elektronika Industri, Teknik Komputer Jaringan, serta beberapa sertifikasi seperti KKPI, CCNA, TOEIC.

Ketua Program Studi: Machmud Effendy, S.T., M.Eng.

Shared: