Evita Leninda Fahriza Ayuni, Mahasiswa Fakultas Teknik UMM Sukses Raih Lima Terbaik Pilmapres LLDikti VII Jatim

Kamis, 25 April 2024 03:29 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Malang, 25 April 2024 - Evita Leninda Fahriza Ayuni, mahasiswi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih prestasi membanggakan. Ia masuk dalam lima besar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024 LLDikti wilayah VII Jawa Timur pada 24 April 2024. Prestasi ini mengantarkannya untuk mewakili Jawa Timur di ajang Pilmapres tingkat nasional.

Di kompetisi Pilmapres, Evita bersaing dengan mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Ia tidak gentar dan memberikan usaha terbaiknya dengan mengumpulkan berbagai prestasinya, capaian unggulan, dan gagasan futuristik.

Gagasan yang diusung Evita fokus pada pengembangan tambak garam di Selat Madura. Ia ingin mengangkat kembali aspek produksi garam lokal dengan menerapkan sistem teknologi demi meningkatkan kuantitas dan kualitas garam. Teknologi yang ia rancang meliputi monitoring parameter suhu, ketinggian air, kepekatan, penggunaan tunnel atau terowongan, dan geomembran.

Teknologi tunnel ini berfungsi agar proses kristalisasi garam tetap berlangsung meski turun hujan, sedangkan geomembran bermanfaat agar warna hasil garamnya menjadi lebih putih. Evita berencana untuk menambahkan ide-ide lain yang bermanfaat dan memberikan nilai terbaik saat di kompetisi nasional.

Evita sendiri memiliki banyak prestasi, di antaranya:

  • Mengikuti lomba mobil hemat energi 2022
  • Memenangkan emas dan perak di ajang internasional Korea Selatan berkat inovasi alat pengukur kekasaran jalan
  • Meraih medali perunggu di Thailand
  • Sukses Publish Jurnal Q3 sebagai First Author

Prestasi-prestasi tersebut membuatnya percaya diri dan termotivasi untuk bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari perguruan tinggi lain. Ia pun berpesan kepada mahasiswa UMM agar berani mengambil sikap dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Menurutnya, kesempatan tidak datang dua kali, dan mahasiswa tidak hanya menunggu informasi, tetapi harus mencari tahu berbagai kompetisi yang tersedia.

Evita Leninda Fahriza Ayuni adalah contoh inspiratif bagi mahasiswa UMM dan generasi muda Indonesia lainnya. Ia menunjukkan bahwa dengan kegigihan, kerja keras, dan kreativitas, kita dapat mencapai prestasi yang membanggakan dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Shared: