Fakultas Teknik Gelar Lokakarya Penyusunan Blueprint Program Internasionalisasi dan Kurikulum OBE

Kamis, 22 Juni 2023 09:30 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Malang (21/6), Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang kembali menggelar Lokakarya. Bermula dari semangat untuk menjadikan UMM sebagai kampus unggul tidak hanya di tingkat Nasional tetapi juga Internasional, Dekan FT UMM mengadakan lokakarya Penyusunan Blueprint Program Internasionalisasi. Acara tersebut juga diiringi dengan penyusunan panduan kurikulum OBE (Outcome Based Education). Kegiatan yang dihadiri oleh para petinggi Fakultas serta Kaprodi, Sekprodi, dan penanggungjawab bidang kurikulum di masing-masing Prodi tersebut dilaksanakan di Onsen Resort, kota Batu pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

Acara Lokakarya yang terbagi menjadi 2 topik tersebut masing-masing dilaksanakan secara terpisah pada 2 ruangan. Komisi Penyusunan Pelaksanaan Kurikulum OBE diketuai oleh Khusnul Hidayat, ST., MT. yang juga bertindak sebagai Kaprodi Teknik Elektro. Beliau dibantu oleh Dr. Ir. Sulianto, MT dan Ir. Galih Wasis Wicaksono, S.Kom., M.Cs. Pada kesempatan tersebut, banyak dibahas kesiapan masing-masing Prodi di Fakultas Teknik dalam menerapkan kurikulum OBE yang juga merupakan prasyarat penting dalam ketercapaian PDCA dalam menuju akreditasi IABEE.

Sementara itu, Iis Siti Aisyah, ST., MT., Ph.D. (dalam hal ini diwakili oleh Dr. Yepy Komaril Sofi'i, ST., MT.) bertindak sebagai ketua Komisi Penyusunan Blueprint Program Internasionalisasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang. Beliau dibantu oleh Shanty Kusuma Dewi, ST, MT. dan Ir. Ali Mokhtar, MT., IPM., ASEAN.Eng sebagai anggota. Program Internasionalisasi sebenarnya bukan hanya dilaksanakan pada tingkat Fakultas, melainkan himbauan oleh Bapak Rektor UMM. Walaupun demikian, Fakultas sebagai perpanjangan tangan dirasa perlu untuk meramu program-program tersebut agar lebih mudah diimplementasikan oleh seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik. 

Pada kesempatan tersebut, Briansyah Setio Wiyono, S.Kom., M.Kom. selaku ketua panitia pelaksana lokakarya menyampaikan bahwa program ini alangkah baiknya menjadi kegiatan rutin Fakultas. "Pada saat ini, lokakarya ditujukan untuk merumuskan strategi penyusunan Kurikulum OBE dan blueprint Internasional. Namun, tidak menutup kemungkinan diperlukan monev sebagai evaluasi, state Fakultas berada di titik mana," terangnya.

Shared: