Fakultas Teknik Gelar Workshop Strategi Pencapaian KTW dan Implementasi OBE Menuju Akreditasi IABEE di FT UMM

Senin, 29 Januari 2024 04:41 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Malang (29/1), Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Strategi Pencapaian KTW (Kelulusan Tepat Waktu) dan Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) menuju General Accreditation IABEE. Acara ini berlangsung di Taman Rekreasi Sengkaling, UMM pada 29 Januari 2024.

Workshop ini dihadiri oleh Dekan FT UMM, Prof. Ir. Ilyas Masudin, MLogSCM., Ph.D., Wakil Dekan I (Zulfatman, ST., M.Eng., Ph.D.), Kaprodi Informatika (Galih Wasis Wicaksono, Ir., S.kom. M.Cs.), Ketua Tim Task Force IABEE Prodi Informatika (Yufis Azhar, Ir., S.Kom., M.Kom.), serta dosen-dosen di lingkungan FT UMM.

Sambutan dan Arahan

Dekan FT UMM, Prof. Ilyas Masudin, dalam sambutannya menekankan pentingnya pencapaian KTW dan implementasi OBE dalam meningkatkan kualitas pendidikan di FT UMM. Beliau juga menyampaikan bahwa akreditasi IABEE merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing FT UMM di kancah internasional.

Materi Workshop

Workshop ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang strategi pencapaian KTW yang disampaikan oleh Kaprodi Informatika, Galih Wasis Wicaksono. Pada sesi ini, Galih memaparkan berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan KTW di FT UMM, seperti:

  • Memperkuat sistem akademik
  • Memberikan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Membangun budaya belajar yang kondusif

Sesi kedua membahas tentang implementasi OBE dan strategi menghadapi visitasi asesor IABEE yang disampaikan oleh Ketua Tim Task Force IABEE Prodi Informatika, Yufis Azhar. Pada sesi ini, Yufis membagikan tips-tips untuk submit dokumen IABEE dan strategi menghadapi visitasi oleh asesor.

Diskusi dan Evaluasi

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi kecil setiap kriteria agar lebih terfokus dalam menyusun dokumen-dokumen yang akan dipersiapkan sebagai bukti. Workshop ini ditutup dengan evaluasi dan penyerahan sertifikat kepada peserta.

Kesimpulan

Workshop ini diharapkan dapat membantu FT UMM dalam meningkatkan KTW dan implementasi OBE, serta meraih akreditasi IABEE. Dengan demikian, FT UMM dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing di kancah internasional.

Shared: