Mengoptimalkan Penggunaan Listrik, Dosen UMM beri Tips Praktis untuk Rumah Tangga

Sabtu, 26 Agustus 2023 19:59 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Malang (26/8), Dalam era di mana sumber daya energi semakin terbatas dan perubahan iklim semakin nyata, penghematan listrik telah menjadi salah satu fokus utama. Penghematan listrik bukan hanya bertujuan tentang mengurangi tagihan bulanan, tetapi juga tentang mengambil peran dalam melestarikan lingkungan dan menjaga masa depan generasi mendatang. Selain manfaat lingkungan, penghematan listrik juga memiliki dampak ekonomi yang signifikan. Bagi rumah tangga, langkah-langkah penghematan dapat mengurangi pengeluaran bulanan dan membantu mengalokasikan anggaran untuk hal-hal lainnya. 
Machmud Effendy, ST, M.Eng Selaku dosen Teknik Elektro dari UMM beberkan Tips untuk mengoptimalkan penggunaan listrik dalam skala rumah tangga. Menurutnya hal ini harus diterapkan untuk mengurangi pemanasan global. Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana namun efektif, banyak masyarakat dapat mengurangi konsumsi energi tanpa mengorbankan kenyamanan. 
“Disini ada beberapa poin mulai dari menggunakan peralatan listrik yang memiliki efisiensi daya listrik lebih tinggi, memilih peralatan listrik sesuai kebutuhan daya listrik, Kurangi penggunaan AC dengan cara memaksimalkan penggunaan pintu dan jendela sebagai sirkulasi udara, batasi atau jadwalkan penggunaan peralatan elektronik terutama yang memiliki daya listrik besar,” Kata Dosen UMM tersebut.
“Jadi hal ini dipengaruhi oleh benda benda nya juga, maka dari itu beli yang sesuai kebutuhan, agar daya listrik yang terpakai juga terminimalisir,” tambahnya. Meskipun begitu, solusi terbarukan dan berkelanjutan dapat ditemukan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tak terbatas seperti energi terbarukan Pemanfaatan energi terbarukan adalah langkah maju menuju mengatasi masalah pemborosan listrik. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tidak habis dan ramah lingkungan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan mengurangi dampak negatif perubahan iklim. “Pemborosan listrik bukanlah masalah yang dapat diabaikan, Karena listrik berasal dari pembakaran batu bara, maka akan meningkatkan pemanasan global, oleh karena itu  masyarakat harus meningkatkan kesadaran untuk mengurangi dampak negatif pemborosan listrik,” Ujar Machmud.

Shared: