Raih Gelar Doktor Teknik Elektro, Machmud Effendy Ciptakan Karya Inovatif Sistem DC Microgrid

Senin, 07 Agustus 2023 04:41 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Surabaya (7/8), Prestasi gemilang telah diraih oleh Dr. Ir. Machmud Effendy, ST., M.Eng, yang telah sukses menyelesaikan program doktor di Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Dr. Machmud Effendy telah berhasil menaklukkan tantangan dalam penelitiannya yang berjudul "Power Sharing Berbasis Hirarki Kontrol Pada Sistem DC Microgrid Tegangan Rendah dengan Mempertimbangkan Kondisi Soc Baterai".

Sidang terbuka untuk disertasi tersebut dilaksanakan pada 23 Juni 2023, dengan Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D sebagai promotor yang memberikan bimbingan dalam perjalanan akademisnya. Disertasi ini menggali tentang penerapan hirarki kontrol dalam sistem DC microgrid tegangan rendah, dengan pertimbangan khusus terhadap kondisi SOC (State of Charge) baterai. Temuan ini berpotensi memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan dan peningkatan efisiensi sistem distribusi energi listrik berbasis DC microgrid.

Dalam perjalanannya, Dr. Machmud Effendy menemui sejumlah kesulitan, yang diakui sebagai bagian dari proses pembelajaran. Beliau mengungkapkan bahwa kesabaran dan ketekunan menjadi kunci penting dalam menghadapi rintangan. Mencari novelty dalam literatur ilmiah, khususnya jurnal-jurnal scopus Q1 yang relevan dengan topik disertasi, memerlukan dedikasi dan tekad yang tinggi. Proses menerima saran dan masukan dari supervisor serta menjaga konsistensi dalam waktu dan kegiatan juga merupakan bagian tak terpisahkan dalam perjalanan akademiknya.

Dalam pesan dan kesannya, Dr. Machmud Effendy menegaskan bahwa semakin banyak kita belajar, semakin banyak yang belum kita ketahui. Ia mengajak para civitas akademika untuk terus bersikap rendah hati dan tidak berhenti hanya pada pembelajaran dari jurnal-jurnal, tetapi juga mengimplementasikan pengetahuan tersebut secara bertahap. Baginya, riset adalah suatu langkah berharga yang harus ditempuh untuk memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Menyemangati sesama civitas akademika di Prodi/Fakultas, Dr. Machmud Effendy memberikan saran agar setiap rintangan dihadapi dengan sabar dan disertai doa. Ia menekankan pentingnya keberlanjutan dalam berkarya untuk kepentingan bersama, dan menjadikan hasil penelitian sebagai sarana untuk memberikan manfaat bagi sesama manusia dan lingkungan. Prestasinya merupakan teladan bagi generasi muda yang ingin mengejar ilmu pengetahuan dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu di Indonesia.

Selamat kepada Dr. Machmud Effendy atas pencapaian luar biasa ini. Semoga pengabdiannya dalam dunia akademik dan penelitian terus memberikan dampak positif yang besar.

Shared: