Sesulit Apa sih Coding Program? Ini Kata Dosen Informatika UMM

Senin, 28 Agustus 2023 20:03 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Malang (28/6), Entitas coding tentu sudahlah tidak asing bagi masyarakat awam. Meski coding bukanlah suatu yang terlihat secara terang terangan akan tetapi membawa manfaat yang nyata bagi dunia di era digitalisasi ini. Saat ini semakin banyak orang-orang yang mempelajari coding tersebut untuk membuat program program yang bermanfaat tanpa menempuh kuliah dan mengikuti program khusus atau intensif belajar dunia pemrograman. Mengetahui hal itu, Dosen UMM tertarik untuk membahas tentang kesulitan dunia programming.

Dengan perkembangan jaman yang semua serba digital “Ir. Yufis Azhar, S.Kom., M.Kom. seorang dosen Teknik Informatika UMM mengatakan bahwa tentu banyak profesi profesi yang sangat dibutuhkan di masa depan untuk selalu memperbarui teknologi. “bisa dikatakan kalau berbicara tentang programmer itu bicara tentang skill, dengan adanya program khusus seperti les atau apa itu memang bisa untuk jadi programmer pemula, akan tetapi untuk mencapai tingkat mahir tentu terus belajar dan mengasah kemampuan tersebut, apalagi ada beberapa hal yang umumnya dipelajari dalam coding program seperti Bahasa Pemrograman, Struktur Data dan Algoritma, Basis Data, Pengembangan Web menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript, ” Ucapnya.

Sebagian besar kursus programmer dalam waktu singkat hanya mempelajari bagaimana skill dasar untuk mengasah kemampuan seseorang yang ingin belajar tersebut. Jika berbicara tentang kesulitan, Yufis menjelaskan bahwa itu tergantung kepribadian masing-masing. Seseorang yang sungguh sungguh mempunyai niat dan fokus pada tujuan tentu selalu mengasah skillnya, berbeda dengan orang yang hanya coba-coba apalagi ikut-ikutan. “kalau mahasiswa itu biasanya digembleng mata kuliah programer dari semester awal guna untuk mengasah skill, logikanya mereka akan terus belajar sampai ditingkatan mahir, jadi kalau dibilang sulit ya nggak juga asal mau belajar,” Kata dosen UMM tersebut.

Penting untuk diingat bahwa pemrograman adalah bidang yang luas dan terus berkembang. Oleh karena itu, pemrograman juga perlu belajar secara berkelanjutan dan mengikuti perkembangan teknologi dan tren terbaru dalam dunia pemrograman. Dengan perkembangan yang sangat cepat, seorang programmer harus selalu terus belajar karena jika tidak mengikuti tentu akan tertinggal. Menjadi programmer pun adalah sebuah pilihan, entah dengan cara apa menempuhnya asal dengan niat yang sungguh-sungguh, tanpa mengenyam ilmu kuliah pun bisa diperoleh dengan mengikuti kursus kilat itu tadi. “Mungkin dengan kursus pemrograman itu jadi lebih mengerucut pembelajaran yang dipelajari, jika di kuliah kan mata kuliahnya sudah di plot kan sedemikian rupa dan tentu memang lebih banyak yang dipelajari,” Ujar Yufis.

Shared: