Tampil Sempurna di Ajang KRSRI, Tim Robot Dome UMM Raih Juara 1

Minggu, 25 Juni 2023 10:29 WIB   FAKULTAS TEKNIK

Semarang (25/6), Tim LSO Robotika Universitas Muhammadiyah Malang kembali mencatatkan tinta emas pada ajang bergengsi Nasional. Prestasi terbaru didapatkan pada ajang Kompetisi Robotika SAR Indonesia di Universitas Semarang. Tim Dome UMM yang diturunkan berhasil meraih juara I, mengalahkan beberapa tim dari universitas ternama di Indonesia. Predikat tersebut semakin mengkokohkan tim UMM sebagai salah satu kiblat dalam bidang teknologi, khususnya di bidang Robotika.

Pada babak final, Dome UMM bertemu dengan tim robotika dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pertarungan sengit antara dua tim menguji kecepatan, akurasi, dan daya tahan robot dalam simulasi pencarian dan penyelamatan (SAR). Tim UMM Dome berhasil tampil gemilang dan akhirnya menempati posisi pertama dengan skor impresif, yaitu 1900. Tim UMM Dome terdiri dari tiga mahasiswa berbakat Fakultas Teknik UMM. Ahmad Syauqi Ramadhan dan Muhammad Aditya Dzikra (keduanya dari Teknik Elektro) serta M. Darma Putra Ramadhan dari program studi Ilmu Komputer. Mereka bekerja sama secara sinergis dalam merancang dan mengembangkan robot yang dapat menjawab berbagai tantangan dalam kompetisi robot SAR Indonesia.

Salah satu kunci keberhasilan tim DOme UMM juga didapatkan berkat bimbingan berharga dan dukungan penuh dari Tim Pengarah, yaitu Dosen Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang. Bapak Khusnul Hidayat, ST., MT., Novendra Setyawan, ST., MT., serta Basri Noor Cahyadi, M.Si. merupakan sosok dibalik sepak terjang tim Dome ini. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas, para pembina membimbing dan mendorong tim untuk menghasilkan robot yang unggul dan andal. Tangan dingin ketiganya selama bertahun-tahun dalam menjadi pembina LSO Robotika juga sukses mengantarkan Dome UMM menjadi yang terbaik di kancah Nasional.

Prestasi tim robotika UMM Dome menjadi kebanggaan tersendiri bagi Universitas Muhammadiyah Malang dan juga bagi Indonesia. Mereka menunjukkan bahwa pengetahuan dan potensi teknologi dan robotika berkembang pesat di Indonesia. Kesuksesan ini juga mendorong semangat inovasi dan penelitian para mahasiswa dan menginspirasi generasi muda untuk lebih mengembangkan keterampilan mereka dalam teknologi masa depan.

Kompetisi Robot SAR Indonesia merupakan ajang bergengsi di dunia robotika dan tahun ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi antar tim, namun juga ajang kerjasama, berbagi informasi dan memperluas jaringan peserta. Kompetisi ini merupakan kesempatan bagi para inovator muda Indonesia untuk menunjukkan bakatnya dan mendorong perkembangan teknologi yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Shared: