Intip Profil LSO Mekatronic FT UMM: Tinggi akan Ekspektasi, Gelontor banyak Prestasi

Sabtu, 23 September 2023 03:50 WIB   FAKULTAS TEKNIK


 

Berjuang Untuk Menang! Itulah semboyan yang sering didengung-dengungkan oleh seluruh anggota tim LSO Mekatronic UMM setiap melalui perlombaan Nasional maupun Internasional. Namun, semboyan bukan hanya isapan jempol belaka, ekspektasi yang disematkan oleh kampus dijawab dengan prestasi yang tak ada habisnya.

Adalah Drs. Moh. Jufri, MT, Pembina LSO Mekatronic UMM, aktor di balik kecemerlangan sekumpulan mahasiswa yang tergabung di lingkup Fakultas Teknik sukses meraih kejayaan (intip prestasi LSO Mekatronic).

 

Rahasia Sukses Tim

Jufri menuturkan bahwa keberhasilan harus diraih dengan kerja keras. “Di tahun awal saya membina LSO Mekatronic, setiap anggota tim harus dimotivasi agar semangat dan budaya pantang menyerah terbentuk. Sekarang, tinggal kakak angkatan yang menggantikan peran tersebut,” ungkapnya.

Hapus Dominasi ITS dan Poltek Perkapalan

Siapa sangka, tim Kapal Cepat Universitas Muhammadiyah malang yang berlaga di KKCTBN selama beberapa tahun ke belakang sukses mendominasi gelaran tersebut. Kampus besar dengan basic perkapalan seperti ITS, PENS, hingga Politeknik Perkapalan Surabaya pun tersisihkan pada kategori Electric Remote Control (ERC) dan Fuel Engine  Remote Control (FERC).

“Ya, memang kami menjuarai hampir semua lomba di kelas ERC dan FERC. Hal tersebut tak lepas dari riset yang kami lakukan untuk bersaing dengan kontestan lain. Walaupun kampus Negeri, tetap kami imbangi,” jelas Amin Abil, ketua LSO Mekatronic.

 

Gegerkan Sepang hingga Mandalika

Tak hanya kompetisi Nasional, tim Mekatronic juga mendominasi ajang mobil hemat di tingkat Internasional. Sebut saja gelaran Shell Eco Marathon Asia (SEMA) yang dihadiri banyak Negara, tim UMM juga selalu finish dan meraih point.

Pada SEMA tahun 2023, tim Mekatronic menurunkan mobil kategori urban listrik dan proto gasoline yang sempat menggebrak posisi 5 besar, menyisihkan beberapa tim dari kampus negeri bergengsi dan dari negara lain.

 

Shared: